Jong BATAK: Puteri Lingkungan Hidup 2011 Kaget Bunaken Penuh Sampah
KOEAT KARENA BERSATOE, BERSATOE KARENA KOEAT

navigasi

Sabtu, 10 Desember 2011

Puteri Lingkungan Hidup 2011 Kaget Bunaken Penuh Sampah

Lizza Elly Saat Menyelam di Bunaken
MANADO,-Ini adalah kunjungan pertama Lizza Elly ke Manado. Gadis berparas cantik yang dinobatkan sebagai Puteri Indonesia Lingkungan 2011 ini pun menyempatkan mampir ke Bunaken.

Dalam bayangan Lizza, laut Pulau Bunaken itu jernih dan sangat indah. Seperti yang dia tahu dari buku, internet dan teman-temannya.  

Alangkah kagetnya Runner Up 1 Puteri Indonesia 2011 ini ketika melihat perairan Bunaken kotor. "Kok banyak sampahnya ya? Ternyata di luar dari perkiraan saya," kata Lizza kepada Tribun Manado, Sabtu (27/11).


Lizza berangkat ke Pulau Bunaken pukul 8.00 Wita. Lizza, datang ke Manado dalam rangkaian perkenalan produk terbaru Mustika Ratu. Di Bunaken, dirinya juga sempat bermain jet ski dan menikmati indahnya panorama bawah laut perairan Pulau Bunaken dengan melakukan snorkling dan diving. Namun, dia sedikit agak kecewa karena Bunaken yang ada di dalam benaknya sangat bersih, tidak seperti yang diharapkan.

"Kalau sampah daun sih masih wajar. Tapi ini sampah rumah tangga," terangnya. Melihat itu, dirinya kemudian menanyakan kepada penduduk sekitar yang ada di Pulau Bunaken. Dan ternyata, sampah-sampah yang mengambang di atas perairan Bunaken itu datang dari Manado.

"Jadi nggak bagus untuk dipandang," kata dia. Namun Lizza mendapatkan hiburan dengan melihat karang yang berukuran besar. Kata dia, karang tersebut terlihat sangat indah. Sayangnya, karang yang dilihatnya tersebut ternyata sudah mati di bagian atasnya. Nah, lanjutnya, kerusakan terumbu karang tersebut, diakibatkan adanya pengunjung yang seenaknya menginjak terumbu karang tersebut.

Setelah mendatangi Pulau Bunaken, dirinya berharap pemerintah lebih peduli lagi dengan persoalan sampah yang hanyut ke Pulau Bunaken. "Dan ini adalah tugas Pemko Manado. Selain itu masyarakatnya juga harus sadar dan tidak membuang sampah ke laut," imbaunya. 

Bunaken, ucapnya, adalah ikon dari Sulawesi Utara. Jika sudah rusak, maka tentu saja tidak akan ada lagi wisawatan domestik dan asing yang ingin berwisata ke pulau tersebut. "Bunaken waktu tahun 1992 sangat indah dan cantik. Jadi kita harus sama-sama menjaganya," katanya. Dia pun berjanji akan kembali lagi ke Manado. Niatnya tersebut karena masih banyak tempat menarik di Sulut yang belum didatanginya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar